Begini cara mengetahui perbedaan orang baik dan orang yang hanya
pura-pura baik
Begini cara mengetahui perbedaan orang baik dan orang yang hanya pura-pura baik

Begini cara mengetahui perbedaan orang baik dan orang yang hanya pura-pura baik

- +
Benar itu relatif tetapi baik itu absolut. Bener gak? Kalau ngomongin orang baik, pasti akan kita jumpai di sudut-sudut bumi ini (masalahnya bumi itu bulat, jadi gak punya sudut 😁).
Di samping orang baik, di dunia ini ada loh orang yang pura-pura baik. Nah itu yang disebut dengan orang munafik. Dan di masa Rasulullah pun orang munafik ini sudah ada(ternyata udah dari dulu ya). Rasulullah pun memberikan petunjuk kepada kita melalui sabdanya bahwa tanda-tanda orang munafik itu ada tiga.
1. Ketika berbicara, ia dusta;
2. ketika berjanji, ia mengingkari; dan
3. ketika dipercaya, ia berkhianat.

Bila engkau berbicara, lain di mulut lain di hati.
Dan bila engkau berjanji, selalu engkau ingkari.
Dan bila kau dipercaya, lalu kau mengkhianatinya.
Itu munafik namanya..
Itu munafik namanya..
Download Lagu Munafik dari Ike Nurjannah

Nah, kalau orang munafik ada tanda-tanda pasti orang baik juga ada tanda-tanda lho.. Cekidoooot … (Versi saya .. hehe)

1. Lihat Temannya

Untuk melihat apakah si dia orang baik-baik atau bukan, maka kita dapat melihat pada teman-teman sejatinya atau para sahabatnya. Karena sebagaimana yang Rasulullah telah bersabda : “Seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin”.

Via Loop.co.id

Orang yang suka berjudi, akan berteman dengan orang yang suka berjudi pula. Pencinta music akan cenderung berteman dengan pencinta music juga. Orang yang senang mengaji Al-Quran, akan cenderung berteman dengan orang yang senang mengaji Al-Quran pula. Manusia memiliki kecendrungan untuk berteman dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengannya. Entah tujuan, hobby, kepribadian, dan lain-lain.

Jadi, tidak mungkin orang baik sering berkumpul dengan orang peminum minuman keras. Yah, mungkin sih ada 1,2,3 dengan tujuan tertentu. Tapi mayoritas orang baik akan berteman dengan orang yang baik.

2. Lihat Ucapannya

Orang yang baik akan cenderung berkata yang baik-baik saja. Dia akan menghindari perkataan yang sia-sia apalagi perkataan kotor dan tidak senonoh. Sebagaimana Rasulullah telah bersabda : “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam”.
Via Islamic Agency

Jadi, kalau yang dia katakan selalu hal-hal yang kotor dan tidak berkualitas, bisa jadi ia hanya pura-pura baik. Sebab orang baik menjaga ucapannya.

3. Lihat Penampilannya

Penampilan ini adalah hal yang paling mudah kita lihat, karena memang selalu ditampakkan orang itu. Penampilan ini terkadang menipu. Karena semua orang dapat dengan mudah menggunakan pakaian yang akan menyerupai atau akan berpotensi dianggap orang sebagai orang baik.
Via Never Blast

Akan tetapi lain dari pada itu, sebenarnya pakaian juga mencerminkan kepribadian seseorang. Coba kamu perhatikan orang yang senang menggunakan celana atau sarung atau jubah, atau perempuan yang senang menggunakan rok panjang atau cenala pendek, atau orang yang senang menggunakan peci, songkok, blangkon atau orang yang senang menggunakan topi.

Kalau kita mencoba meluangkan waktu untuk berfikir sejenak, sebenarnya pakaian yang kita pakai sehari-hari secara spontan, itu tergantung bagaimana kesenangan kita terhadap sesuatu dan mencerminkan pola pikir kita. Sebab, kita menggunakan pakaian itu karena kita pede memakainya. Nah, bisa bisa pede memakainya karena kita berfikir itu cocok dengan karakter kita.
Ingat, penampilan yang baik memang tidak mencerminkan orang itu baik. Karena orang berpenampilan baik belum tentu orang baik, tetapi orang baik pasti berpenampilan baik.

4. Lihat Perbedaannya ketika sendiri dan pada saat banyak orang

Ini adalah poin terpenting. Dari sini kita dapat melihat kecaperan orang itu. Orang yang ikhlash, ia berbuat baik tidak akan ada bedanya ketika sendiri ataupun pada saat dilihat orang. Sementara orang yang suka cari perhatian akan jelas berbeda tingkah lakunya saat didepan umum atau ditempat pribadinya.

Via Jagalah Hatimu

Contoh, kalau dia rajin bersih-bersih. Coba cek kamar tidurnya. Kalau tempat tidurnya juga bersih berarti dia memang ressek(bahasa Madura: rajin bersih-bersih).

Nah, gimana sudah ada gambaran khan tentang orang baik dan orang yang pura-pura baik? Oke gitu aja dari saya, kalau berkenan tinggal komentar dan share jika menurutmu ini bermanfaat.
Diperbarui
Tambahkan Komentar
Begini cara mengetahui perbedaan orang baik dan orang yang hanya
pura-pura baik

Begini cara mengetahui perbedaan orang baik dan orang yang hanya pura-pura baik