Hal-hal Sepele ini Bisa Bikin Gaya Hidupmu jadi Boros
Hal-hal Sepele ini Bisa Bikin Gaya Hidupmu jadi Boros

Hal-hal Sepele ini Bisa Bikin Gaya Hidupmu jadi Boros

- +

Pernahkah kamu merasa duitmu cepat habis meski seakan tak ada kebutuhan?? Kita kadang tanpa merasa dalam waktu sekejab uang kita habis tanpa mendapat sesuatu yang berarti. Kalau duit habis buat beli mobil, motor, maupun handphone, itu wajar wong ada yang dibeli, mahal pula. 

Receh

Nah, ini kadang kita tanpa sadar kalau tindakan kita itu banyak menghabiskan uang. Pengen tau apa aja?? Simak nih simak!!!

a. Gak Ada Kembalian

Mungkin anda bertanya-tanya, apa hubungannya “gak ada kembalian” dengan boros. Coba deh pikir ulang. Kalau kamu belanja di sebuah toko pakai uang 50an ribu atau 100ribuan, sementara yang kamu beli 10ribu, kemungkinan si penjaga toko bilang “Gak ada kembaliannya, Mas. Pakai uang pas aja!” Tapi sayangnya pas kita kasih uang pas recehan malah tak diterima. Mau tidak mau kamu harus belanja lagi biar uangmu jadi kecil nominalnya.
Kamu pasti bingung mau belanja apa. Karena disamping tak ada kebutuhan lain, disitu pula kamu terpaksa harus mengecilkan nominal duitmu agar bisa membeli kebutuhanmu tadi. Apalagi di atm nominal pada umumnya itu 100ribuan dan 50ribuan, pasti kamu bakal dilema setengah mati. Dan pada akhirnya kamu pasti memilih membelanjakannya lagi.

b. Gak Sabaran

Maksudnya apaan nih? Kok gak sabaran bisa boros. Okey, begini Gan. ane kasih contoh begini. Ada sebuah toko murah, rame, dan penjaganya galak. Kemudian ada juga toko yang sepi, penjaganya cantik/ganteng, tapi harga agak mahalan dikit. Nah, bagi sebagian orang kadang memilih yang lebih mahalan dikit, karena tidak sabar menunggu dan males dengan penjaganya. Kalau ini hanya sekali ya tidak begitu berpengaruh, tapi kalau setiap hari belanja begitu, wah mending duitnya ditabung di kotak amal mesjid. Hehe.

c. Pengen Cepet

Di jaman now ini, orang-orang udah pada pengen yang cepet. Tak mau buang-buang waktu percuma. Termasuk ketika kita mau belanja. Ane contohkan begini Gan, ada sebuah toko deket, tapi mahal. Ada pula toko murah, tapi jauh. Nah, kalau kamu pengen cepet, pasti pilih yang dekat tapi mahal itu. Ya kan? Namanya juga udah keburu dan pengen cepet, apalagi di toko yang mahal ini pasti sepi, jadi gak ngantri deh.

d. Gengsi

Waduh, kalau yang ini Agan pasti udah kenal banget diluar kepala, udah rahasia umum sih. Ceritanya ente mau beli kopi nih, di warung sebelah harganya serebo, dan di sono (tak perlu sebut merek) harganya 80ribu. Nah, karena lagi mau ngopi bareng temen ente yang baru ente kenal tadi, terus ente milih yang di sono. Jadi berapa ente bayar gengsi ente? 78 ribu lah.. Udah ane jawab, gak usah cari kalkulator dah buat ngitung harga gengsi ente. Wkwk
Nah, ane kira itu Gan yang bisa ane kasi pada kesempatan kali ini. Kok kayak gak niat banget sih bikin artikel?? Kan judulnya “hal-hal sepele…” jadi ya.. yang sepele aja. Tapi kalau poin-poin di atas kamu lakuin semua dalam waktu setahun aja, ya rasain sendiri deh akibatnya. Tulisan ini dibuat untuk dibaca, ane gak mau tanggung ya kalau kamu jadi bangkrut. Hehe
Diperbarui
Tambahkan Komentar
Hal-hal Sepele ini Bisa Bikin Gaya Hidupmu jadi Boros

Hal-hal Sepele ini Bisa Bikin Gaya Hidupmu jadi Boros