Surah Al-Falaq, agar terhindar dari Valak
Surah Al-Falaq, agar terhindar dari Valak

Surah Al-Falaq, agar terhindar dari Valak

- +
Valak merupakan suster iblis dalam tayangan The Conjuring 2 yang sepertinya telak sukses meneror para penontonnya. Meme soal Valak pun banyak bertebaran di internet. Dibalik sosok valak yang telah viral ini, apakah valak memang benar-benar ada di dunia nyata atau hanya karangan Hollywood saja?
Valak (ilustrasi)
Di dalam buku The Leses Key of Solomon, valak merupakan presiden neraka dan ia adalah laki-laki. Valak sering digambarkan mengendarai naga berkepala dua dan pemimpin pasukan iblis. Yang pada intinya Valak menggambarkan sosok hantu, iblis, setan, roh jahat dan sebagainya.
Berbeda dengan istilah Valak dalam bahasa Arab (falaqun). Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surat Al-falaq ayat 1 yang artinya adalah waktu subuh.
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفًلَقِ.
“Katakanlah : Aku memohon perlindungan kepada Tuhan yang menguasai Subuh.”
Inti dari surat Al-falaq ini adalah perintah agar manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam menghadapi segala keburukan, yang nampak dan tersembunyi.
Uqba bin Amr RA meriwayatkan, “Muhammad SAW berkata padaku dalam suatu perjalanan. ‘Maukah kau belajar dua ayat yang luar biasa?’ Aku menjawab, ‘Ya ajarkan kepadaku.’ Nabi mengajariku surat Al-falaq dan surat An-Nas. Beliau mengulang surat-surat yang sama ketika shalat maghrib. Lalu beliau berkata: ‘Kau harus membaca kedua surat ini ketika hendak berangkat tidur maupun ketika baru bangun tidur.'”(Tirmidzi, Abu Daud, dan Nasa’i)
Manfaat surat Al-falaq bagi kita adalah agar kita terhindar dari segala macam jenis sihir yang dilakukan orang jahat kepada kita. Jika dibaca sebelum tidur maka akan terhindar dari segala macam godaan syetan yang terkutuk. Selain itu Surat Al-falaq dapat digunakan untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang diakibatkan oleh syaitan.
Surat Al-falaq
Jika kita membaca surat Al-falaq dengan khusuk dan mentadaburi ayat-ayatnya, maka insya Allah kita akan mendapat perlindungan dari 4 perkara yang kita mintakan dalam tadabur itu.
Pertama,
Mendapat perlindungan dari berbagai kejahatan dan kemudaratan yang di timbulkan oleh makhluk ciptaan Allah SWT. Baik yang ada di langit ataupun yang ada di bumi. Seperti ancaman kuman, virus, binatang buas, pencuri, perampok, yang makhluk supranatural, seperti jin, genderuwo, tha’un yang dapat mengancam keselamatan kita.
Kedua,
Mendapat perlindungan dari berbagai kejahatan dan keburukan yang muncul di malam hari, seperti judi, mabuk-mabukan, perzinahan, perampokan, pencurian dan keburukan-keburukan yang kerap terjadi di malam hari.
Ketiga,
Mendapat perlindungan dari kejahatan tukang sihir. Al-Quran mengakui terhadap keberadaan sihir.  Gangguan sihir ini dapat terjadi antara lain seperti: dipersulit dapat jodoh, terkena penyakit aneh, rejekinya tidak lancar, dibuat linglung dan bingung sehingga tidak bisa bekerja dengan baik, mendorong melakukan hal-hal buruk, dan gangguan sihir lain sebagainya.
Keempat,
Mendapat perlindungan dari fitnah dan gangguan dari pendengki apabila ia dengki. Kedengkian membuat orang menjadi senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang. Ia akan berusaha menghancurkan kesuksesan dan kebahagiaan yang orang lain dapatkan. Orang inilah dapat melancarkan fitnah, menyuruh tukang sihir, atau melakukan kejahatan lainnya kepada kita.
Maka dari itu, kembali pada persoalan valak. Jika kita ingin terhindar dari valak, maka bacalah surat Al-falaq. Meskipun secara peristilahan bahasa kata-kata seperti ini mungkin tidak sepenuhnya benar. Akan tetapi yang terpenting kita dapat menarik hikmat dan semangat dalam membaca surat Al-falaq memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT semata. Nabi SAW bersabda: “Katakanlah qul huwallahu ahad dan Al-muawwidzatain(Al-falaq dan An-Nas) pada sore hari dan pagi hari, maka hal itu telah mencukupimu dari segala sesuatu.”(Abu Daud no. 5082 Syaikh Albani mengatakan hasan dalam shahih wan dhaif sunan Abi Daud).
Kembali lagi ke persoalan valak, ternyata valak tidak hanya ada dalam cerita dan film The Conjuring 2. Valak ternyata benar-benar ada di dunia nyata, yakni ada di Madura. Istilah valak ini di Madura tidak jauh berbeda dengan gambaran sosok valak di The Conjuring 2. Valak Madura juga berupa hantu yang menakutkan namun digemari lawan jenisnya. Akan tetapi dalam kesehariannya, seperti yang sudah maklum bahwa orang Madura lidahnya sedikit kaku dan tidak mau yang rumit-rumit. Maka huruf  “V dan F” pun dibaca P. Seperti orang yang namanya Oliv dipanggil Olip, juga kata Saffar (Shofar-bulan kedua hijriah) menjadi Sappar. Fikiran menjadi Pekkeran. Ada beberapa istilah yang digunakan diluar sana sepertinya untuk suatu plesetan terhadap istilah yang ada di Madura. Contohnya ya seperti momok, valak, keduanya mempunyai arti yang tidak berbeda yaitu digambarkan sebagai sosok hantu yang menakutkan. (Palak atau Pala’ adalah kemaluan laki-laki atau disebut penis, sedangkan Momok adalah kemaluan perempuan. Maaf) Entah karena suatu kebetulan atau bagaimana saya tidak tau. Atau bisa jadi orang Madura yang mengadopsi istilah itu agar terlihat menyeramkan sehingga enggan untuk diucapkan, itupun saya tidak tau. Hanya sebuah kemungkinan.. * udah ah jangan terlalu jauh bahas valak Madura nanti malah melanggar norma kesusilaan… hehe.. apalagi sekarang bulan puasa. 😃
Nah, udah gitu aja artikel ini. Saya tidak bermaksud melecehkan, menghina, bicara tidak senonoh dan lain sebagainya. Mohon maaf jika ada kekeliruan, kritik dan saran kami harapkan untuk menuju hal yang lebih baik. Bagaimanapun bahasa dalam artikel ini, harap mafhum tujuan saya bukan untuk menggurui, tapi hanya sekedar mengingatkan karena yang namanya manusia itu tempatnya salah dan lupa. Maka saling menasehatilah kita agar tidak merugi.
Bacalah surat Al-falaq setiap hari pagi dan petang masing-masing tiga kali, lebih baik jika ditambah doa (Ma’surat) lainnya. Akan tetapi meskipun surat Al-falaq memiliki beberapa keutamaan, tapi hendaknya kita membacanya dengan penuh keikhlasan karena Allah semata. Marilah kita perbanyak nonton Valak yang ada di Al-Quran (perbanyak baca Al-Quran), daripada nonton valaknya The Conjuring 2, apalagi valak Madura. 😃😃 Oh jangan ya..
Terimakasih.
Share jika dirasa bermanfaat.
Diperbarui
Tambahkan Komentar
Surah Al-Falaq, agar terhindar dari Valak

Surah Al-Falaq, agar terhindar dari Valak