Embung Sentol Daya
Embung Sentol Daya

Embung Sentol Daya

- +
Embung Sentol Daya

Embung Sentol Daya terletak di Dusun Sabidak Desa Sentol Daya Kec. Pragaan, Semenep. Tepatnya pada titik Koordinat (DMS) 7°05’13.8″S 113°38’07.0″E (Telusuri Google Map). Diresmikan pada tanggal 15 Desember 2010 oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Ir. Eko Subekti, Dlpl. HE.

Pada saat musim penghujan, debit air meningkat tajam sementara daya serap dan daya simpan air yang rendah membuat debit air merosot tajam pada musim kemarau. Hal ini membuat pasokan air untuk petani semakin tak menentu. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diadakan upaya memanen aliran permukaan dan air hujan di musim penghujan melalui water harvesting.

Oleh karena itu, diperlukan adanya teknologi tepat guna untuk mengatur ketersediaan air yang semakin sulit dilakukan secara alamiah (natural manner). Teknologi embung merupakan salah satu pilihan yang menjanjikan karena teknologinya sederhana dan biaya relatif murah. Embung merupakan waduk yang berukuran mikro di lahan pertanian yang dibangun untuk menampung kelebihan air hujan di musim penghujan. Air yang ditampung tersebut selanjutnya digunakan sebagai sumber irigasi suplementer untuk budidaya pertanian yang bernilai ekonomi tinggi di musim kemarau atau saat curah hujan semakin berkurang.

Tujuan pembuatan embung ini yaitu antara lain :
  1. Menampung air hujan dan aliran permukaan (run off) pada wilayah sekitarnya serta sumber air lainnya yang memungkinkan seperti mata air, parit, sungai-sungai kecil dan sebagainya.
  2. Sebagai suplementasi irigasi di musim kemarau untuk tanaman semusim maupun tahunan, perkebunan dan peternakan.
Di samping itu Embung Sentol Daya ini dapat berguna untuk keperluan aktivitas masyarakat sehari-hari lainnya. Seperti mandi, mencuci pakaian, sepeda motor, mobil, rumput untuk makanan ternak, memandikan binatang ternak seperti sapi, kambing dan lainnya, dapat pula digunakan untuk aktifitas olahraga renang, memancing, objek wisata dan lain sebagainya.
Diperbarui
Tambahkan Komentar
Embung Sentol Daya

Embung Sentol Daya