Tips Hemat Ala Anak Kos
Tips Hemat Ala Anak Kos

Tips Hemat Ala Anak Kos

- +
Beruntung lah kamu yang pernah hidup jadi anak kos. Merasakan suka dukanya kehidupan, jauh dari orang tua, belajar hidup mandiri, dan kelak akan menjadi pengalaman berharga yang  dapat kita ceritakan pada anak cucu kita. 
Sebagai anak kos yang jauh dari sanak keluarga, tentu kamu harus pinter-pinter ngelola keuangan. Apalagi kamu yang dari desa, merantau ke kota. Tentu kamu merasakan perbedaan yang mencolok. Di desa kamu mau makan tinggal makan, tinggal nanam sendiri di ladang, kebun dan tegalan. Meskipun gak punya uang, tp kalau soal makan kamu gak bakalan kelaparan. Apalagi kehidupan sosial di desa tidak apatis seperti di kota-kota. 
Di desa kamu dapat mengenal orang-orang dari ujung timur sampai ujung barat, dari ujung selatan sampai ujung utara. Di kota kamu bakal ngalamin dimana antara tetangga tidak ada yang kenal satu sama lain nya. Kalau gak punya uang mampus kamu bisa mati kelaparan, belum lagi tagihan listrik, PDAM, jadi buronan ibu kos dan lain semacamnya. Apalagi kamu mahasiswa, uang jajan harus rebutan sama uang fotokopi kan?
Maka dari itu, gue bakal kasi kamu beberapa tips untuk menghemat pengeluaran keuangan kamu.
Masak dulu ah..

# Kalau peralatan masak di kos ada, masak aja deh.

Kegiatan masak memasak nih memang agak merepotkan, apalagi kamu yang belum punya keahlian dalam hal itu. Tapi kamu bisa belajar kok, awalnya gak papa deh gosong, tapi kamu dapat belajar dari sebelumnya.
Akan tetapi memasaknya jangan yang aneh – aneh ya. Ntar kamu malah masak ayam goreng, bikin sate kambing, telur, sayur dan sebagainya. Menu yang sederhana aja cukup kok. Misalnya nasi sama telur entah digoreng atau apa kek terserah kreasi kamu bagaimana. Bisa juga sarapan paginya kamu pake Energen (bukan ngiklan loh ya..) atau Mie Instan pun kadang menjadi andalan ketika keuangan menipis.

#Kalau kamu sibuk dengan kegiatan tiap hari Full Day, mending puasa deh

Puasa yuk… Via rukun-islam.com
Iya puasa, tak ada ceritanya orang mati karena puasa. Kalau pun ada ia bakal mati syahid. Penyakit itu datang bukan karena gak makan, tapi biasanya terlalu banyak makan. Seperti yang telah diketahui bahwa Penyakit itu disebakan oleh tiga hal. Yaitu : banyak makan, banyak tidur, dab banyak bicara. Orang kalau makan yang macem macem misalkan kebanyakan makan sambal ujung-ujungnya nanti mencret ya kan udah kebukti kalau terlalu banyak makan itu menyebabkan penyakit. Nah puasa dapat menjadi alternatif dalam hal membuang penyakit-penyakit yang ada di tubuh kita. Belum lagi pahala dan keutamaan-keutamaan lainnya.
Lupa sahur? Telat bangun? Gak papa kok, puasa itu tidak mewajibkan sahur. Yang penting niat. Kalau itu puasa Sunnah, kamu niat puasa di pagi hari pun gak papa, asal kamu belum makan apa-apa. Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW dimana ketika beliau di pagi hari bertanya kepada isteri beliau soal ketersediaan makanan dan isteri beliau menjawab tidak ada. Maka beliau mengatakan bahwa kalau begitu hari ini kita puasa.
Tapi jangan balas dendam ketika malam hari, entar buka puasanya malah nyediain makanan yg lebih dari biasanya, minumnya es degan, dan beli makanan yang enak-enak. Mestinya menu makannya tetap sederhana. Dan yang terpenting kamu harus melaksanakannya dengan Iklas semata karena Allah SWT. Soal pengaruh pada keuangan itu bakal ngikut kok. Udah jangan mikirin itu.

#Kalau lagi nganggur mending ikut seminar atau Diklat yang gak pake bayar itu lah, hehe

Lumayan dapat makan gratis.. via Trunojoyo.ac.id
Emang ada? Ada tuh acara-acara yang dilaksanakan tanpa uang registrasi. Entah itu kuliah umum, seminar atau apa kek. Di samping dapat pengalaman dan ilmu, hehe lumayan dapat makan gratis.

#Jalan kaki

Jalan-jalan sehat hehe..
Buat kamu yang punya motor atau kagak, jalan kaki juga dapat menghemat pengeluaran kamu. Udah gak perlu susah beli bahan bakar ramah lingkungan lagi. Mulai sekarang buang rasa gengsi kamu karena jalan kaki, karena jalan kaki dapat mengencerkan otak kamu dan gak perlu susah-susah joging tiap pagi. Karena dengan jalan kaki,  kamu juga sudah olahraga. Disamping itu rasa capek yang dapat karena berjalan kaki itu merupakan kesempatan untuk bermunajat kepada Allah SWT. Karena do’anya orang capek itu cepet diterima loh oleh Allah SWT.

#Perbanyak temen

Banyak teman banyak rejeki
Banyak orang mengatakan bahwa banyak teman banyak rejeki. Rupanya ungkapan ini tak hanya sekedar omong kosong belaka. Karena Tuhan tidak mungkin memberi kamu makan langsung jatuh dari langit.
Beberapa tips di atas tidak akan berguna apa-apa jika kamu berusaha memuaskan kebutuhan sekunder dan tersier kamu. Saya menulis tips itu dan menganggap kamu sudah memblok keinginan-keinginan yang mengeluarkan banyak duit. Tulisan ini dalam rangka menghemat soal kebutuhan primernya kamu. Meskipun kamu udah melaksanakan semua tips di atas tapi belum bisa lepas dengan kehidupan Hedon lainnya. Ya sedikit aja pengaruhnya pada keuangan kamu.
Okay, gitu aja semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa share ya..
Diperbarui
Tambahkan Komentar
Tips Hemat Ala Anak Kos

Tips Hemat Ala Anak Kos